#comments h4 { font-size: 24px; font-weight: normal; margin: 20px 0; } .cm_wrap { clear: both; margin-bottom: 10px; float: right; width: 100%; } .cm_head { - See more at: http://infobuatkalian.blogspot.com/2012/03/membuat-komentar-keren-pada-blog.html#sthash.arpAsKSV.dpuf Blogger Widgets - See more at: http://infobuatkalian.blogspot.com/2012/03/membuat-komentar-keren-pada-blog.html#sthash.arpAsKSV.dpuf

Rabu, 05 Juni 2013

Mendengarkan Musik, Haram atau Nggak sih ?

Mendengarkan Musik, Haram atau Nggak sih ?

Bissmillaahirahmaanirrahiim….

Artikel ini dibuat penuh dengan berjuta pertanyaan. Apakah musik itu beneran haram ? ketika membaca artikel ini pasti akan banyak pro dan kontra dari orang-orang yang sungguh berpegangan bahwa musik itu haram dan musik itu sah-sah saja.

Suatu ketika aku pernah di kritik oleh seorang ulama, karena hobbiku yang senang mendengarkan musik dan senang bernyanyi. Hal itu sempat membuatku sangat bingung. Hmm, apakah aku telah berdosa ?

Aku sempat mengunjungi sebuah toko buku dan menemukan sebuah buku yang didalamnya memuat sebuah bab tentang larangan mendengarkan musik. Namun ketika aku hendak membeli buku itu, sialnya nih dompet aku ketinggalan. Yang ada uang aku itu sangat pas-pasan, dan tidak cukup membeli buku itu. Dengan sangat menyesal aku balik kerumah. Dan datang kembali setelah sekitar 2 minggu kemudian. Tapi yang lebih sial lagi aku tidak menemukan buku itu. Aku tanya kekasir katanya buku itu sudah terjual. Dan stoknya sudah habis. Gila, aku sempat bingung saat itu. Namun, setelah berapa lama aku sadar ternyata Allah punya rencana. Dan seharusnya aku juga bersyukur karena ternyata masih banyak juga yang peduli tentang islam dengan lakunya buku-buku agama seperti itu (kok jadi curhat sih ?).
tapi aku sempat baca sedikit tentang

larangan mendengarkan musik yang dapat membuat kita terhanyut didalamnya. Seperti musik DJ dan musik-musik lain yang biasanya terdapat di diskotik atau apalah (aku nggak paham soal begituan).
Larangan yang mendengarkan musik yang membuat kita itu lupa diri. Karena syaitan dengan panahnya itu akan menusuk hati kita (masya Allah)

Aku bertanya kepada seorang ulama lain, mengatakan menyanyi itu tidak haram namun musiklah yang haram. Sampai sekarang aku masih bingung, apa benar seperti itu ? (bingung)

Tapi apakah aku salah ? di Indonesia banyak ustadz dan ustadzah yang men-da’wah lewat lagu dan musik. Contohnya, opiek, Almh. Uje, H. Rhoma Irama, dan masih banyak lagi. Siapa sih diantara pembaca yang tidak kenal mereka. Orang yang populer dengan album religinya. Dan bukankah islam itu modern sepanjang masa.??

Sebagian orang menganggap musik dan lagu itu sebuah karunia dari Allah Azza Wajallah, yang tidak boleh disia-siakan. Karena itu bakat seseorang yang diberikan oleh Allah kepada manusia.

Emangsih, di negara-negara luar musik itu bisa sampai mereka lupa diri. Menari dan berjoget diatas panggung sampai terlena dengan musiknya, di iring-iringi oleh minuman keras dan bahkan narkoba dan perbuatan zinah.

Untuk itu, semua harus kembali kepada diri kita sendiri. Apakah mau menjadi budak syaitan atau menjadi orang yang bertakwa kepada Allah ?

Seperti yang telah dituliskan sebelum-sebelumnya bahwasanya semua itu lebih baik jika didasari dan ditopangi oleh iman kepada Allah swt.

Seperti halnya dalam musik. Semua akan indah jika digunakan sebagai sesuatu yang baik dan berasal dari Allah. Dengan mengetahui dan menjaga batasan-batasannya. Dan juga selalu memohon perlindungan dari Allah Azza Wajallah agar kita tidak terbuai akan indahnya dunia yang fana ini.

Allahu ‘alam Bissowab…..

Wasaalam…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar